BAHAYA OBAT NYAMUK BAKAR ATAUPUN SEMPROT BAGI TUBUH

Penggunaan obat nyamuk bakar maupun semprot telah digunakan oleh banyak orang, namun sebenarnya bahaya obat nyamuk ini, masih belum diketahui oleh masyarakat umum. Banyak masyarakat yang menggunakan obat nyamuk namun belum mengetahui bahaya yang mengintai mereka. Musim hujan seperti ini, obat nyamuk laris manis di pasaran. Di balik keampuhannya mengusir nyamuk. Obat nyamuk yang dibakar dan disemprotkan memiliki efek buruk bagi kesehatan.

Sebelum beralih ke dampak buruk obat nyamuk. Ada baiknya kita mengetahui kandungan apa saja yang ada di dalam obat nyamuk.

Kandungan Dalam Obat Nyamuk Bakar Maupun Semprot

Bahaya obat nyamukBanyak ditemukan kandungan berbahaya di dalam obat nyamuk. Jika masuk ke dalam tubuh secara terus menerus akan membuat tubuh rentan terkena penyakit. Kandungan berbahaya yang ada di dalam obat nyamuk adalah sebagai berikut :

Dichlorovynil dimethyl phosfar ( DDVP ) – merupakan senyawa turunan dari chlorine.
Propoxur yang merupakan senyawa karbamat – Senyawa dengan jenis ini pernah mematikan ribuan orang. Senyawa ini juga pernah merusak syaraf ratusan ribu orang yang ada di Bhopal India. Senyawa tersebut juga diduga sebagai pemicu timbulnya kanker di dalam tubuh sebab mengandung zat karsinogen.
Diethyltoluamide atau DEET – merupakan senyawa yang bersifat korosif. Sifat korosifnya tersebut bisa mengikis lapisan pada besi.
Aletrin
S-2

Bahaya Obat Nyamuk Berdasarkan Bahannya

Di dalam obat nyamuk bakar mengandung zat-zat berbahaya bagi tubuh. Jika dibakar, asapnya akan lebih membahayakan dibandingkan dengan 100 batang bahaya merokok. Asap yang dihasilkan dari pembakaran obat nyamuk sering dihisap sehingga akan masuk ke dalam tubuh.

Berikut ini adalah bahaya dari zat-zat berbahaya yang ada di dalam obat nyamuk bakar :

1. S-2

Zat yang ditemukan dalam obat nyamuk bakar. Zat kimia tersebut dipercaya sebagai zat karsinogen. Zat kimia tersebut memang ampuh dalam membunuh nyamuk. Sering terpapar dengan asap pembakaran obat nyamuk memiliki efek buruk terhadap pernafasan dan kesehatan. Asap yang ditimbulkan lambat laun bisa menjadi penyakit kanker yang mematikan. Spesifikasi penggunaan batas bahan kimia S-2 sedang ditegakkan di negara India dan Afrika.

2. Zat Nikotin 100 Rokok

New Delhi telah meneliti dampak buruk dari obat nyamuk bakar yang dibakar selama 8 jam di tempat semi tertutup. Dampak itu sederajat dengan merokok sebanyak 100 rokok. Jika satu kali pembakaran efeknya sama dengan 100 batang rokok, bagaimana jika dua kali pembakaran dan seterusnya. Kita tahu bahwa satu batang rokok saja sangat berbahaya untuk kesehatan bagaimana jika sampai 100 rokok.

3, Polutan

Polutan yang dihasilkan oleh kumparan obat nyamuk bakar sangat berbahaya bari paru-paru. Polutan yang dihasilkan dari obat nyamuk bakar lebih berbahaya dibandingkan dengan zat polutan dari asap kendaraan bermotor.

4. Pyrethrum

Bahaya obat nyamuk bakar & semprot bagi kesehatan dan lainnya dikarenakan zat pyrethrum. Sejak berabad-abad lalu, zat tersebut dipercaya sebagai insektisida serangga. Zat pyrethrum dihasilkan dari sari bunga krisan. Caranya dengan mengeringkan bunga krisan dan diambil sarinya.

Akibat Terpapar Pyrethrum :

Penyebab asma dan meningkatkan risiko seseorang terkena asma. Caranya adalah zat tersebut masuk ke dalam paru-paru saat manusia bernafas. Saat bernafas manusia menghirup asap dari obat nyamuk bakar yang mengandung pyrethrum. Asma pun akan mulai menyerang.
Dosis tinggi pyrethrum pada kumparan obat nyamuk bakar bisa menyebabkan sistem syaraf rusak dan menurunnya kekebalan tubuh.
Terlalu banyak terkena paparan pyrethrum bisa mengakibatkan seseorang terkena keracunan dengan gejala sakit kepala, mual dan muntah.
Menyebabkan iritasi mata dan juga peradangan mata.
Jika sampai tertelan akan menyebabkan efek lebih berbahaya seperti lidah dan bibir mati rasa, kejang-kejang dan juga kematian.

5. Formaldehida

Formadehida merupakan zat yang tidak berwarna, mudah terbakar dan juga baunya sangat kuat. Bau zat ini lebih kuat dibandingkan dengan bau gas. Zat ini sering mengakibatkan masalah di hidung dan organ yang lainnya.

Efek Penggunaan Formadehida

Menyebabkan tenggorokan gatal, batuk dan juga mual.
Hidung bisa terkena sinus atau bahkan kanker sinus.
Iritasi kulit.
Formaldehida yang dibakar akan setara dengan merokok sebanyak 51 batang rokok yang dibakar.

6. Octachlorodipropyl Eter

Ketika zat Octachlorodipropyl eter ini dibakar, akan menghasilkan zat berupa bischloromethyl eter atau dikenal dengan BCME. Zat ini merupakan penyebab timbulnya kanker paru-paru akut.

7. DEET

Sama halnya dengan obat nyamuk bakar. Obat nyamuk semprot sama berbahayanya dengan obat nyamuk bakar. Fungsi obat nyamuk semprot di luar negeri digunakan untuk mencegah terjadinya penyakit malaria, virus West Nile dan juga demam berdarah. Zat-zat berbahaya di dalam obat nyamuk semprot patut untuk diketahui dan dihindari.

Salah satunya adalah, DEET yang merupakan zat yang ada di dalam obat nyamuk sempro yang banyak memiliki kandungan berbahaya karena sifat korosifnya.

Efek Berbahaya DEET :

Jika semprotan tidak sengaja mengenai kulit. Kulit akan teriritasi terutama kulit sensitif. Kulit menjadi merah dan gatal. Gejala ini merupakan gejala ringan. Akan hilang jika dibasuh menggunakan air hangat.
Kulit seseorang yang telah lama terkena DEET akan mengalami hal lebih parah. Orang yang sering terpapar DEET dalam jangka waktu lama adalah militer dan sipir. Mereka akan merasakan kulit terasa terbakar dan menimbulkan luka permanen pada kulit.
Menyebabkan insomnia dan mood buruk.
Ketika obat nyamuk semprot yang mengandung DEET disemprotkan ke organ hidung, mulut dan mata. Rasa terbakar akan dirasakan. Menimbulkan luka bakar pada mata.
Mengakibatkan iritasi perut, mual dan juga muntah.
DEET banyak tertelan akan menimbulkan hipertensi, rendah jantung.
Komplikasi serius ditandai dengan kerusakan syaraf.
Akibat fatal terakhir adalah kematian.

8. Pyrethrum

Obat nyamuk bakar dan obat nyamuk semprot sama-sama mengandung pyrethrum. Dampak yang diakibatkan pun sama misalnya asma, batuk, kejang dan keracunan. Sebaiknya kita kini mulai bijak dalam menggunakan obat nyamuk mengingat bahaya obat nyamuk bakar & semprot bagi kesehatan dan lainnya.
Fakta Menyesatkan Tentang Iklan Obat Nyamuk

Obat nyamuk yang disemprotkan atau dibakar tidak boleh sampai terhirup oleh hidung. Ketika menggunakan obat nyamuk semprot, kita diwajibkan untuk keluar ruangan sampai bau obat nyamuk tidak tercium lagi. Sayangnya ada beberapa iklan obat nyamuk yang mengatakan jika saat obat nyamuk disemprotkan kita boleh berada di ruangan. Hal itu dikarenakan semprotannya tidak akan menyebabkan batuk dan wanginya segar. Wangi yang dihasilkan oleh obat nyamuk semprot merupakan zat aerosol yang tidak bagus untuk kesehatan. Bisa menyebabkan sesak nafas dan yang paling berbahaya adalah kanker.

 

sumber: http://halosehat.com/farmasi/obat/8-bahaya-obat-nyamuk-bakar-dan-semprot-dari-bahan-pembuatannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *