Jenis-jenis Olahraga yang Nyaman Dilakukan Oleh Wanita

Olahraga merupakan kegiatan yang harus Anda lakukan secara rutin, setidaknya sekitar 30 menit olahraga ringan dalam 1 hari. Mengapa? Olahraga akan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak rentan terkena penyakit. Selain itu, olahraga juga memberi efek yang baik bagi produktivitas tubuh. Namun sangat disayangkan, kebanyakan wanita masih merasa kebingungan untuk menentukan olahraga yang tepat baginya. Berikut adalah 5 jenis olahraga untuk wanita yang dapat menjadi pilihan Anda ketika ingin berolahraga.

1. Relaksasi melalui yoga

Apakah Anda pernah atau bahkan sering merasa betapa penatnya hari-hari Anda dengan segala rutinitas yang terlampau padat? Jika jawaban Anda adalah ‘Ya!’, maka Anda butuh yoga. Olahraga ini tidak membutuhkan kekuatan fisik prima seperti ketika Anda olahraga lari, bermain sepakbola, tinju, dan sebagainya. Namun, manfaat yang diberikan ketika Anda melakukan yoga sangatlah banyak. Selain meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas tubuh, yoga juga dapat menenangkan pikiran, membuat tidur menjadi lebih berkualitas, membuat Anda lebih lincah serta meningkatkan kesabaran dan fokus. Khusus bagi Anda yang bekerja kantoran dan menghabiskan hari-harinya di meja kerja, yoga dapat membantu menguatkan tulang dan melenturkan otot-otot tubuh.

2. Bersenang-senang dengan zumba

Anda ingin menurunkan berat badan? Zumba adalah pilihan yang tepat karena olahraga ini melibatkan seluruh bagian tubuh sehingga dapat membakar hingga 500 kalori tubuh Anda. Zumba sendiri merupakan sejenis senam yang menggabungkan aneka ragam musik dengan step aerobik dan gerakan tarian asal Amerika Latin seperti tarian samba, merengue, dan salsa. Tarian hip hop juga termasuk di dalamnya. Lantas, selain menurunkan berat badan, manfaat apalagi yang bisa didapatkan dari zumba? Melalui zumba, Anda bisa membentuk tubuh, meningkatkan fungsi jantung dan kinerja paru-paru, menjadikan tubuh lebih berisi, meningkatkan kemampuan kognitif, dan menyehatkan serta menyegarkan tubuh.

3. Kencangkan tubuh dengan Muay Thai

Olahraga untuk wanita selanjutnya adalah muay thai. Muay thai adalah olahraga yang berasal dari negara seribu pagoda, Thailand. Mengusung pembentukan tubuh, muay thai sangat cocok dilakukan bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Selain dapat mengencangkan dan membentuk tubuh, muay thai juga melatih kecepatan dan koordinasi tubuh Anda, lho! Bonus yang bisa Anda peroleh dari olahraga muay thai adalah Anda bisa menjaga dan melindungi diri dari tindak kejahatan karena pada dasarnya, muay thai adalah seni bela diri–dengan tangan kosong.

4. Latihan kardio dengan Spinning

Bosan latihan kardio di treadmill dan ingin mencoba olahraga lain tapi malas ke luar ruangan? Spinning atau RPM bisa menjadi pilihan Anda. Olahraga aerobik intens dalam ruangan dan menggunakan sepeda statis ini diiringi musik dengan beat dan kata-kata penuh motivasi dari instrukturnya, lho! Seems so fun, right? Berlatih spinning memiliki beragam manfaat, mulai dari membakar kalori, memperkuat otot jantung, hingga mengencangkan otot paha, pantat, betis, dan pinggul serta otot-otot upper body (bahu, punggung, dan perut). Olahraga spinning termasuk jenis olahraga yang memiliki risiko kecelakaan yang terbilang cukup kecil karena dilakukan di dalam ruangan dan tidak perlu khawatir terjatuh dan terluka.

5. EMS Miha Bodytec

Teknologi EMS (Electric Muscle Stimulation) dari Miha Bodytec merupakan teknologi yang mengalirkan energi listrik dengan tujuan untuk menstimulasi otot agar lebih kencang, kuat, dan terbentuk lebih sempurna. Sebelumnya, EMS hanya digunakan untuk stroke theraphy serta melancarkan dan mengaktifkan kembali sistem syaraf. Pada akhirnya, sport science Jerman mengembangkan teknologi EMS tersebut untuk dipakai berolahraga karena telah terbukti efektif dalam menjaga dan mengembangkan massa otot.

 

sumber: http://www.hipwee.com/list/5-jenis-olahraga-yang-nyaman-untuk-wanita/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *