KEUNIKAN TUGU BOBOBCA PANTAI MALALAYANG

Ini merupakan sebuah pantai yang mudah dan paling sering dilihat oleh warga Kota Manado dan sekitarnya. Masuk kategori andalan warga dengan nilai historis sejarah yang panjang dan primadona, menjadikan kawasan Tugu Boboca Pantai Malalayang tak pernah ditinggalkan untuk dikunjungi.

Seiring dengan reklamasi sepanjang jalur Boulevard Manado, warga yang ingin menikmati view pantai sekaligus mandi pantai sudah beralih ke bagian ujung pantai yang berlokasi di Malalayang Dua. Mulai dari Pantai Malalayang hingga berakhir di kawasan Tugu Boboca.

Tugu Boboca sendiri dinamakan sesuai bentuk tugu yang menyerupai Boboca, terletak tepat di perbatasan Kota Manado dan Kabupaten Minahasa.

Pemandangan dari Tugu Boboca bisa menikmati sinar matahari sore, pemandangan pulau Manado Tua dan pinggiran Kota Manado dengan gedung-gedung pusat perbelanjaan. Dari sini juga terlihat bentuk dari Teluk Manado.

Keunikan pantai dan kawasan Tugu Boboca, seperti halnya di kawasan Pantai di Malalayang. Pinggiran pantai dihiasi bebatuan besar berwarna hitam dan bebatuan kecil. Pantainya juga beralaskan bebatuan dan bukan dari pasir, namun warga Manado tetap menikmati pantai disana.

Kawasan Tugu Boboca juga sudah direnovasi oleh pemerintah. Terdapat juga halaman parkir kendaraan yang luas dibagian kiri tugu, yang bisa menampung beberapa kendaraan roda empat. Samping tugu juga sudah dialaskan lantai paving block, ini merupakan tempat parkir kendaraan roda dua. Dari kendaraan juga bisa duduk sambil menikmati pemandangan laut.

Di sisi kanan pantai Tugu Boboca terdapat ‘talud’ (pemecah ombak). Dari ‘talud’ tersebut bisa lebih terasa suasana pantai, berbentuk Letter T, talud ini bisa menjadi tempat nongkrong pengunjung, karena sudah berada jauh dari lokasi pinggir pantai.

Bagian sampingnya juga terdapat bangunan ruang ganti dan kamar kecil, sedangkan di sekitaran tugu juga terdapat kios-kios penjual Pisang Goreng, Tahu Goreng serta Milu Rebus, dengan rica ‘dabu-dabu’ juga aneka makanan dan minuman sebagai area kuliner.

Walau di hari-hari biasa hanya beberapa pengunjung yang menikmati suasana Tugu Boboca dan pantainya, tapi setiap akhir pekan dan hari Minggu, kawasan ini sering padat pengunjung, bahkan sering memacetkan jalur lalu lintas.

 

sumber: http://manado.tribunnews.com/2012/04/29/keunikan-tugu-boboca-pantai-malalayang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *