MANFAAT MANDI PAGI UNTUK KESEHATAN TUBUH

Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk memulai berbagai aktivitas. Terlebih pada pagi hari, udara pagi sangat baik untuk kesehatan tubuh. Udara pada pagi hari memiliki berbagai zat yang dapat larut bersama air. Hal ini dapat membuat kualitas air pada pagi hari menjadi lebih baik untuk kesehatan tubuh.

Mandi pagi merupakan aktivitas yang alangkah baiknya dilakukan oleh setiap orang agar dapat memperolah tubuh yang sehat. Hal ini mungkin sudah terbiasa dilakukan sebagian orang, tetapi tidak sedikit juga yang masih meninggalkan rutinitas mandi pada pagi hari dengan berbagai alasan.

Manfaat mandi pagi

Terdapat 3 gaya hidup sehat sebelum jam 6 pagi yaitu berolahraga, minum air putih, dan mandi. Mandi pagi merupakan salah satu aktivitas yang sulit dilakukan sebagian orang. Kebanyakan orang beralasan karena dinginnya air di pagi hari yang dapat membuat rasa malas. Tapi, mandi pagi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut manfaat mandi pagi.

Manfaat Mandi Pagi

Melancarkan peredaran darah
Manfaat mandi pagi yang dapat melancarkan peredaran darah
Menurut berbagai hasil penelitian pada sebuah lembaga riset trombosit di Inggris, apabila seseorang sering melakukan rutinitas mandi pagi dengan air dingin, maka peredaran darahnya akan menjadi lancar. Tubuh terasa lebih segar, rileks, dan bugar.

Meningkatkan sel darah putih
Manfaat mandi pagi yang dapat meningkatkan sel darah putih
Menurut hasil studi di Inggris, mandi pagi dapat meningkatkan sel darah putih dalam tubuh. Apabila sel darah putih dalam tubuh meningkat, maka dapat membuat daya tahan serta kemampuan tubuh dalam melawan virus akan semakin meningkat. Tubuh akan menjadi lebih prima dan tidak mudah terserang berbagai penyakit.

Terhindar dari penyakit Rheumatik
Manfaat mandi pagi yang dapat terhindar dari penyakit rheumatik
Mandi pada malam hari seringkali dapat mengakibatkan penyakit rheumatik. Namun, mandi pagi justru dapat membuat Anda terhindar dari penyakit rheumatik karena air pagi memiliki kandungan karbondioksida yang berbeda daripada pada saat malam hari.

Mengurangi tingkat stres
Manfaat mandi pagi yang dapat mengurangi tingkat stres
Dengan memulai membasahi tubuh dengan air dingin pada pagi hari dapat membuat seluruh bagian pada tubuh mendapatkan pasokan oksigen dalam jumlah yang mencukupi. Kebutuhan oksigen pada berbagai organ tubuh dapat terpenuhi sehingga mampu mengurangi tingkat stres yang sedang dialami.

Menurunkan resiko darah tinggi
Manfaat mandi pagi yang dapat menurunkan resiko darah tinggi
Mandi pagi dapat menurunkan resiko darah tinggi, varises, serta mengerasnya pembuluh darah. Hal ini karena dengan mandi pagi dapat melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

Mengurangi kadar gula darah
Manfaat mandi pagi yang dapat mengurangi kadar gula darah
Kadar gula yang tinggi dapat diatasi dengan melakukan rutinitas mandi pagi. Karena pada proses detokfikasi, kadar gula dalam darah akan diseimbangkan oleh suhu air.

Meningkatkan kesuburan
Manfaat mandi pagi yang dapat meningkatkan kesuburan
Mandi pagi dapat meningkatkan produksi hormon testosterone pada pria serta hormone estrogen pada wanita. Hal ini dapat mengakibatkan kesuburan serta gairah pergaulan dapat semakin meningkat.

Menjaga kelembapan serta kesegaran kulit
Manfaat mandi pagi yang dapat menjaga kelembapan serta kesegaran kulit
Karena mandi pagi memiliki air dingin yang banyak mengandung karbondioksida yang tentunya bermanfaat dalam proses pengeluaran racun-racun (detokfikasi).

Memperbaiki kesehatan jaringan tubuh
Kebiasaan mandi pagi dapat membuat jaringan kulit semakin membaik, kulit menjadi tidak kering dan lebih kenyal. Mandi pagi juga dapat mengurangi noda dan lingkaran hitam pada bawah mata. Hal ini dapat membuat kesegaran wajah akan semakin terpancar. Namun sebaliknya, mandi dengan air hangat dapat membuat kulit menjadi lebih mudah keriput serta kurang kenyal.

Meningkatkan kesehatan rambut kepala
Mandi pagi juga memiliki manfaat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan rambut. Hal ini karena mandi pagi dapat semakin memperkuat akar rambut yang pada akhirnya membuat rambut menjadi tidak mudah rontok dan kusam.

Meredakan depresi
Manfaat mandi pagi yang dapat meredakan depresi
Mandi pagi biasanya dilakukan oleh para pejuang samurai Jepang pada zaman dulu. Mandi pagi tersebut biasa disebut dengan misogi dalam bahasa Jepang. Kebiasaan tersebut memiliki tujuan untuk membersihkan jiwa sehingga pikiran dapat menjadi lebih tenang dan rileks, serta dapat menjalani hari-hari dengan penuh semangat.

Meningkatkan energi dan pikiran
Manfaat mandi pagi yang dapat meningkatkan energi dan pikiran
Bagi yang pernah mandi pagi pasti sudah mengetahuinya, bahwa mandi pagi itu sangat menyegarkan. Mandi air hangat memanglah nyaman, namun pilihlah air dingin jika Anda ingin membangkitkan tubuh dan pikiran Anda.

Meningkatkan gerakan limfatik
Manfaat mandi pagi yang dapat meningkatkan gerakan limfatik
Sistem limfatik berperan penting dalam mengangkut sel darah putih untuk melawan infeksi, yaitu proses yang bergantung pada kontraksi otot. Mandi pagi dapat mendorong terjadinya kontraksi tersebut dan membantu kerja sistem limfatik.

Merangsang penurunan berat badan
Manfaat mandi pagi sebagai perangsang penurunan berat badan
Lemak terdapat dalam bentuk yang berbeda-beda. Apa yang Anda makan merupakan apa yang akan membuat tubuh Anda. Mandi pagi dapat mendorong produksi energi pembakaran lemak serta dapat mempercepat metabolisme tubuh Anda.

Mengatur suhu tubuh
Manfaat mandi pagi yang dapat mengatur suhu tubuh
Manfaat mandi pagi dapat membantu untuk mengatur suhu tubuh, yang bermanfaat untuk mengaktifkan sistem penyembuhan tubuh.

sumber: http://woocara.blogspot.com/2015/05/inilah-15-manfaat-mandi-pagi-yang-menakjubkan.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *