Mulai Kesuksesan dengan Ikan Hias

Sebenarnya, dalam berbisnis ada banyak sekali yang dapat dijadikan sumber penghasil keuntungan. Salah satunya adalah bisnis budidaya ikan hias air tawar, meskipun kedengarannya kurang menarik, namun siapa sangka dalam berbisnis ikan hias, si pemilik usaha memiliki kesempatan yang besar dalam mendapatkan kesuksesan berbisnis.

Tidak banyak orang yang tertarik menjalankan bisnis ini. Meskipun demikian, bukan berarti bisnis budidaya ikan hiastidak memiliki potensi sama sekali, justru sedikitnya orang yang tertarik, mungkin akan memperkecil jumlah persaingan yang akan anda hadapi dalam berkarir sebagai pengusaha ikan hias.

Apa alasan untuk memulai bisnis budidaya ikan hias ??

Bisnis budidaya ikan hias ini jumlah pesaingnya cukup sedikit, tetapi memiliki banyak sekali peluang keuntungan. Keuntungannya sendiri, antara lain berasal dari teknik pemdudidayaan yang cukup mudah, dan juga  peminat atau dalam kata lain konsumen yang cukup banyak.

Kebutuhan pasar akan ikan hias juga terbilang cukup tinggi, sedangkan para pengusaha atau petani ikan hias belum bisa memenuhi kebutuhan pasar yang terbilang tinggi itu, sehingga bisnis budidaya ikan hias tentu saja akan sangat menguntungkan untuk anda yang melakoninya. Selain itu, modal yang diperlukan untuk memulai bisnis ini terbilang kecil, bahkan anda bisa memulai bisnis ini meskipun tidak memiliki skill atau kemampuan yang tinggi dalam bidang ikan hias.

Selain keuntungan dalam yang sudah saya sebutkan tadi, ada lagi keuntungan yang bisa anda dapatkan dari budidaya ikan hias, keuntungan terebut antara lain :

1. Anda dapat berbisnis sambil menyalurkan hobi

Mungkin yang pertama ini hanya berlaku untuk anda yang memulai bisnis ikan hias, dikarenakan memiliki hobi dan kecintaan akan ikan hias itu sendiri.

Bekerja atau berbisnis, bila didasari oleh hobi memang akan sangat menyenangkan, dan tentu saja tidak hanya menyenangkan, tetapi akan lebih menguntungkan juga tentunya. Hal ini, dikarenakan anda yang memang hobi terhadap bisnis tersebut, maka anda pasti telah menguasai seluk beluknya, sehingga bisnis yang dikelola akan lebih mudah meroket.

2. Tidak memerlukan media atau lahan yang luas

Tidak seperti ikan konsumsi yang membutuhkan lahan cukup luas, dalam berbisnis budidaya ikan hias, kualitaslah yang akan menjadi hal terpenting, sehingga dalam membudidayakannya anda tidak perlu memiliki lahan yang luas, karena dengan media seperti akuarium saja, saya rasa sudah cukup untuk memulai bisnis budidaya ikan hias.

3. Secara tidak langsung, anda telah melestarikan populasi dari ikan yang anda budidayakan

Dalam berbisnis budidaya ikan hias, anda tidak hanya berbisnis untuk mencari dan mendapatkan keuntungan saja, karena secara tidak langsung, anda telah ikut melestarikan populasi dari jenis-jenis ikan yang anda budidayakan.

4. Peminat ikan hias yang cukup tinggi

Untuk segi pemasaran dan konsumen, saya rasa anda tidak perlu terlalu kawatir. Ada banyak sekali masyarakat yang menjadi peminat ikan hias, khususnya di Indonesia. Selain itu, konsumen tidak hanya berasal dari kalangan pecinta ikan hias saja, karena ikan hias, banyak juga dijadikan sebagai penghias ruangan kantor, rumah makan, toko, atau sebagai penghias rumah sendiri.

Apa saja ikan hias yang direkomendasikan untuk dibudidaya ??

Karena tidak semua jenis ikan hias memiliki peluang pasar yang besar, serta tidak semua jenis juga memiliki perawatan dan pembudidayaan yang mudah. Maka dari itu, ada beberapa jenis ikan hias yang lebih direkomendasikan untuk dibudidayakan.

Selain itu, jenis ikan yang direkomendasikan ini memiliki harga yang cukup tinggi ketimbang jenis lain, sehingga anda akan lebih mudah dalam mendapat keuntungan, bila membudidayakan ikan hias berharga jual tinggi.

1. Ikan cupang

Tentu sudah tidak asing lagi dengan nama ikan yang satu ini, ikan hias ini dapat dijumpai di pasar-pasar tradisional. Ikan hias ini selain mudah untuk dipelihara, juga bentuk dan warnanya juga bervariasi. Selain itu, jenis ikan hias ini memiliki tingkat peminat yang cukup tinggi, karena biasanya ikan ini akan digunakan untuk dijadikan ikan aduan.

2. Ikan Arwana

Ikan hias yang satu ini mungkin mengingatkan kita kepada pelawak Indonesia, hehe. Ikan Arwana awalnya sering dijumpai di perairan tawar papua dan kalimantan, akan tetapi sekarang ini sudah banyak orang yang membudidayakan ikan hias yang satu ini.

Bahkan ikan hias ini, sering dikatakan merupakan salah satu dari ikan hias yang peminatnya tidak pernah mengalami menurunan. Tentu saja eksistensi ikan hias Arwana, memang dikarenakan sisik uniknya yang mampu memikat hati orang yang melihatnya, hal tersebut juga menyebabkan harga jual ikan ini sangat tinggi.

Selain keindahan yang ada pada ikan hias ini, ada mitos juga yang beredar bagi para pemiliknya, yakni mereka yang memelihara ikan hias ini akan mendapatkan kelancaran rejeki. Mungkin saja rejeki anda akan lancar bila membudidayakan ikan Arwana ini.

3. Ikan Mas Koki

Ikan mas koki merupakan ikan hias yang populer serta mudah untuk dibudidayakan. Ikan hias ini pertama kali diketauhi berasal dari negri Cina, tetapi masyarakat Jepang, adalah yang paling berpengaruh dalam mengembangkan serta menjadikan ikan ini memiliki variasi dan warna yang membuatnya semakin cantik untuk dipandang.

Untuk harga jualnya, tidak usah ditanya lagi. Ikan hias yang satu ini memang memiliki harga jual yang cukup menguntungkan. Selain karena bentuknya yang cantik, banyaknya peminat membuat ikan Mas Koki layak untuk dibudidayakan.

4. Ikan Koi

Ikan koi juga merupakan ikan hias yang sangat populer. Ikan ini memiliki ciri khas, berupa warna cantiknya yang biasanya didominasi oleh warna merah dan putih. Ikan Koi dewasa juga memiliki ukuran ekor yang lebih lebar, sehingga membuatnya semakin cantik saja.

Namun, dalam membudidayakan ikan hias satu ini, anda perlu menyediakan kolam atau akuarium yang berukuran cukup besar, hal ini dikarenakan ukuran ikan Koi memang cukup besar, dan juga ikan ini jarang sekali bersantai, alias lebih sering melakukan pergerakan pergerakan ketimbang diam.

5. Ikan Louhan

Jenis ikan hias yang satu ini, sangat populer oleh karena bentuk ikan hias ini yang sangat cantik untuk dipandang, ikan ini memiliki variasi warna dan sisik yang dapat terlihat seperti tulisan.

Selain itu, ikan ini lebih populer lagi dikarenakan bentuk kepalanya yang menyerupai sebuah benjolan, dan kabarnya semakin besar benjolan pada kepala ikan Louhan, maka semakin besar pula harganya.

Ikan Louhan yang memiliki tingkat agresif yang cukup tinggi, serta merupakan salah satu dari jenis ikan karnivora, menyebabkan anda perlu sedikit berhati-hati saat hendak meletakkan ikan hias ini dengan ikan lainnya dalam satu akuarium.

Sumber : https://www.klikmania.net/budidaya-ikan-hias-air-tawar/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *