Tips Memilih Mesin Cuci yang Awet

Salah satu pertimbangan utama dalam memilih sebuah mesin cuci adalah segi keawetannya. Ibu tentu tidak ingin uang yang telah Ibu keluarkan untuk membeli sebuah mesin cuci terbuang begitu saja karena mesin cuci tersebut hanya bertahan dua atau tiga tahun.

Berita baiknya adalah hampir semua merek mesin cuci maupun toko elektronik saat ini telah menawarkan garansi penuh bebas biaya selama satu tahun. Namun, setelah dua atau tiga tahun, garansi tersebut hanya mencakup beberapa komponen tertentu pada mesin cuci. Oleh karena itu, ketika membeli sebuah mesin cuci, pastikan Ibu memilih mesin cuci yang bagus dan awet.

Merek Mesin Cuci yang Awet

Walau tidak ada merek mesin cuci yang bisa memberikan jaminan ketahanan antara lima hingga delapan tahun, membeli mesin cuci buatan produsen merek yang tepercaya akan memperkecil kemungkinan mendapatkan mesin cuci berkualitas rendah.

Jadi, sempatkan untuk membaca ulasan mengenai merek-merek mesin cuci tahan lama di berbagai forum diskusi yang dapat diakses online. Ibu juga perlu berhati-hati ketika membeli mesin cuci impor karena belum tentu semua merek memiliki pusat servis di Indonesia. Pastikan sebelum Ibu membelinya.

Berikut ini beberapa merek mesin cuci yang dapat Ibu jadikan referensi dalam memilih mesin cuci yang bagus dan dapat diandalkan.

  • Sharp: Merek asal Negeri Sakura ini memiliki beberapa tipe dengan harga yang cukup terjangkau namun tetap berkualitas. Misalnya, Ibu dapat membeli mesin cuci Sharp tipe ES-N70EY-P dengan harga sekitar Rp.2 juta. Selain itu, beberapa model mesin cuci Sharp sudah dilengkapi panel dalam bahasa Indonesia sehingga lebih mudah dioperasikan.
  • Electrolux: Siapa yang tidak kenal merek mesin cuci asal Swedia ini. Merek yang terkenal ramah lingkungan ini memiliki kisaran harga antara Rp.1,5 juta hingga Rp.13 juta. Namun, cukup dengan anggaran sekitar Rp.5 juta, Ibu sudah bisa mendapatkan mesin cuci Electrolux tipe EWF10741 yang merupakan mesin cuci bukaan depan dengan tabung berkapasitas 7 kg.
  • LG: Ketika berbicara mengenai mesin cuci yang awet, rasanya tidak bisa melewatkan mesin cuci keluaran LG asal Korea Selatan. Beberapa model mesin cuci LG sudah dilengkapi teknologi Inverter Direct Drive dan 6 pilihan siklus cuci dengan garansi 10 tahun. Teknologi ini menawarkan motor penggerak yang lebih tangguh dan juga tahan lama serta proses pencucian yang tidak bising. Salah satu contohnya adalah mesin cuci LG tipe WDT1213MRD yang merupakan mesin cuci bukaan depan dengan kapasitas tabung 13 kg dan harga sekitar Rp.12 juta.

Fitur-Fitur Mesin Cuci Tahan Lama

Ketika sudah menemukan merek dan model mesin cuci yang Ibu inginkan, pastikan bahwa mesin cuci tersebut memiliki beberapa fitur di bawah ini:

  • Bahan tabung mesin cuci bisa terbuat dari plastik, enamel, atau stainless steel. Stainless steel tentu saja merupakan pilihan yang paling baik karena paling awet dan tahan terhadap putaran berkecepatan tinggi. Tabung berbahan plastik juga lebih tahan lama dibandingkan bahan enamel yang lebih mudah berkarat.
  • Banyaknya program yang ditawarkan mesin cuci modern sekarang ini perlu disikapi secara lebih hati-hati. Semakin kompleks pemrograman sebuah mesin cuci, semakin besar pula resiko kerusakannya. Oleh karena itu, pastikan bahwa pilihan-pilihan program yang ditawarkan oleh sebuah mesin cuci memang sesuai dengan kebutuhan Ibu, tidak lebih dari itu.
  • Cek apakah mesin cuci pilihan Ibu sudah dilengkapi fitur code error. Jika mesin cuci Ibu rusak, fitur ini menampilkan kode pada layar digital di panel mesin cuci untuk memberitahu kerusakan apa yang terjadi. Misalnya, kode kerusakan pintu mesin cuci adalah E2 untuk merek Sharp, E40 untuk Elextrolux, dan dE untuk LG. Mengenali dan mengatasi kerusakan mesin cuci Ibu sejak awal merupakan langkah sederhana menjaga keawetan mesin cuci.

Mudah-mudahan informasi di atas membantu Ibu dalam menentukan model dan merek mesin cuci yang bagus dan awet untuk keperluan di rumah. Namun, jangan lupa bahwa cara penggunaan dan perawatan mesin cuci di rumah juga penting untuk menjaga keawetan mesin cuci Ibu. Apabila Ibu memiliki saran merek dan model mesin cuci yang bagus dan awet, tuliskan saran tersebut di kotak komentar di bawah ini.

 

sumber: https://www.rinso.co.id/tips-mesin-cuci/panduan-memilih-mesin-cuci-yang-bagus-dan-awet/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *